Penyuluhan Hukum

Arpin S.H, S.H

Ketua Penyuluhan Hukum

Konsentrasi Bidang Penyuluhan Hukum

Sebagai salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Hukum Universitas Ichsan Gorontalo (FH UIG) memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat. Penyuluhan hukum merupakan rutin FH UIG yang dilaksanakan setiap semester Genap.

Mahasiswa yang memprogramkan Mata Kuliah ini diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu yang sudah diperoleh dibangku perkuliahan. Pemilihan Lokasi Penyuluhan Hukum dilakukan dengan cara mahasiswa memetakan isu permasalahan hukum yang ada di Kota dan Kabupaten Gorontalo. Setiap penyuluhan membahas suatu topik bahasan.

Adapun topik-topik yang disampaikan dalam penyuluhan hukum itu, antara lain : penanggulangan narkoba, trafficking, kekerasan dalam rumah tangga(KDRT), ilegal fishing, bantuan hukum, kewarisan, dan isu-isu lain yang dianggap penting.

Penyuluhan hukum ini dihadiri oleh aparat pemerintah desa, tokoh masyarakat mahasiswa, aparat penegak hukum yang terkait, serta dosen.

Adapun yang menjadi fasilitator dalam kegiatan penyuluhan hukum tersebut adalah Mahasiswa, Dosen yang bertugas serta aparat penegak hukum yang terkait dengan topik penyuluhan hukum.

Ada dua dosen yang ditugaskan disetiap kali kegiatan penyuluhan. Dosen dari berbagai bidang konsentrasi dibidang hukum tersebut secara bergantian memaparkan materi dan problematika dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan hukum. Tak hanya itu, kegiatan penyuluhan hukum tersebut juga membuka ruang tanya jawab kepada pembicara dalam penyuluhan itu.

Pada kegiatan Penyuluhan Hukum ini juga dilakukan penandatanganana MoU dengan Desa Binaan yang dijadikan sasaran pada kegiatan Penyuluhan Hukun.

CONTACT INFO

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi pihak fakultas

Tujuan

Innovative

Mahasiswa Selalu berinovasi guna pembangunan hukum di Indonesia pada umumnya

Creative

Mahasiswa mampu menjadi pribadi yang kreatif dan berintelektual

Statesman

Mahasiswa mampu menjadi seorang negarawan yang mempunyai jiwa bela negara

Entrepreneur Skill

Bukan hanya mampu berdaya saing, namun mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri